-->

Comments

Mengatasi Ayam Kampung Tidak Bertelur

Bagaimana cara mengatasi ayam kampung sulit bertelur? Ada banyak faktor yang menyebabkan ayam kampung sulit bertelur, mulai dari faktor genetik, ayam stres dan masih banyak yang lainya. Menurut pengalaman sebagai peternak kebanyakan ayam stres karena di pacok sama ayam yang lebih dominan dan sarang tempat untuk bertelur kurang memadai, membuat ayam jadi malas untuk bertelur. Untuk masalah seperti ini masih bisa diatasi dengan menambah jumlah sarang bertelur ayam. Namun untuk masalah genetik jenis ayam tertentu sangat sulit untuk diatasi, seperti ayam pelung yang jangka istrihat bertelurnya sangat lama kurang lebih satu bulan tapi jika sekali bertelur jumlahnya lebih banyak di banding dengan ayam jawa.
Selanjutnya bagaimana cara mengatasi ayam sulit bertelur, cara yang saya gunakan mengakalinya dengan pakan. Seperti kata orang tua dulu, dan sedikit banyak belajar dari para peternak bebek yang memberi amisan (nyonyosan: jawa) pada pakan yang diberikan pada ayam.

Cara membuat pakan ayam amisan pun cukup sederhana dan terbilang mudah, dengan mencapur bahan makanan utama ayam yang sering diberikan. Ini pakan yang saya buat, cara meracik pakan ayam bertelur; Bahan
1. Nasi sisa konsumsi rumah
2. Katul
3. Cacahan daun pepaya
4. IkanNi laut sisa termasuk kepala udang.
Semua di campur dan kasih pakan ke ayam sesuai porsi awalnya.

Hasil yang saya dapatkan cukup memuaskan, ukuran dan bobot telur ayam kampung menjadi naik. Dan pakan jenis amisan ini juga sangat cocok untuk jenis ayam petelur yang mogok berproduksi telur, karena saya telah mencoba piara ayam petelur satu ekor dengan sistem umbaran dan mogok bertelur cukup lama tapi setelah di berikan pakan amisan selama dua hari, ayam petelur sudah mulai produksi telur kembali. Yang tadinya tidak sama sekali menjadi dua sekali dan sekarang sudah setiap hari

Untuk pakan amisan tidak harus dari bekas ikan, bisa juga dari jenis keong keongan. Dan campuranya sesuaikan dengan apa yang biasa diberikan kepada ayam ternak kalian.
Jumpa Artikel Berguna?Donasi Via Paypal

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan